Furniture Minimalis, Wujud Efisiensi Pemakaian Ruangan

Sofa-Minimalis

Dalam rumah yang bergaya minimalis, perabotan yang tepat untuk mengisinya tentu adalah furniture bergaya minimalis pula. Furniture minimalis biasanya tampil dalam bentuk yang sederhana, ramping dan tidak membuat penuh ruangan. Terutama pada rumah berukuran mungil. Namun, bila furniture ini diletakkan di rumah yang luas sekalipun, kesan yang ditimbulkan tetap saja ringan, bebas, sekaligus fleksibel.

Tentu berbeda dengan gaya di era 1990-an yang lebih banyak menggunakan furniture motif ukiran Jepara. Meskipun cantik, namun furniture terkesan berat dan susah untuk dibersihkan. Aneka furniture seperti kursi, lemari dan tempat tidur tersebut terkesan lebih lebar, sehingga bukan termasuk ciri furniture minimalis.

Pada kamar tidur misalnya, gaya furniture minimalis biasanya menggunakan bentuk tempat tidur lebih simple dan tidak memakan space ruangan. Semisal hanya berbentuk segi empat, polos tanpa hiasan hanya mengandalkan bahan dari kayu ataupun multipleks yang ringan. Modelnya pun tidak memenuhi tempat, terutama untuk kamar tidur yang sempit.

Demikian pula pada ruang tamu. Jaman dulu, ruang tamu kebanyakan tampil dengan sofa yang besar, mempunyai sandaran lebar, serta terdapat penyangga tangan yang berbentuk merekah keluar, baik di kanan maupun kiri. Modelnya memang terkesan mewah, namun justru ruangan terkesan sempit dan penuh sesak karenanya. Furniture ini pun bukan cerminan dari furniture minimalis.

Furniture minimalis anak di ruang tamu hadir dalam bentuk sofa yang ramping dan cantik. Pilihan warnanya pun beragam sehingga keberadaannya tak akan terkesan monoton. Begitu pula dengan aneka ragam kursi kayu, dimana dulu berbentuk ukiran melebar, kini tampil lebih ramping dengan ukiran yang dibuat sepraktis dan seefisien mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *